By Ridwan Kamil

Diperkirakan dewasa ini orang orang yang cocok mejadi pemimpin bukan lagi orang dengan IQ yang tinggi atau bisa di sebut dengan orang orang otak kiri. Dimana otak kiri adalah otak yang berhubungan dengan pemikiran logika, penghitungan angka dan hafalan yang rumit. Pemimipin yang di cari di masa kini dan nanti adalah orang orang otak kanan. Orang orang otak kanan orang orang suka berfikir kreatif, out of the box, dan berprespektif unik.

Bagi anda yang merasa lebih sering atau terbiasa menggunakan otak kiri tidak perlu khawatir sebab sebenarnya kemampuan berfikir menggunakan otak kanan itu bisa di latih dan di eksplor dengan metode metode tertentu.

Hal- hal yang dapat menunjang berkembangnya otak kanan adalah sebagai berikut:

  • Talent

Talent disini bukan dimaksudkan dengan talent yang sudah di berikan semenjak kita lahir, melainkan pembelajaran di insitusi yang bisa membuat kita berfikir secara kreatif.

  • Toleran

Menjadi kreatif harus dilakukan dengan bebas tanpa kekangan namun kreatifitas kita harus bisa di pertanggung jawabkan sesuai norma dan adat yang berlaku. Sensor- sensor yang menggunakan aturan-aturan yang aneh dan kurang masuk akal sebaiknya di kaji ulang agar tidak membunuh krestifitas

  • Teknologi

Hal ini sudah sangat jelas, teknologi dapat membantu dan mempermudah manusia dalam berimajinasi dan berinovasi

Ada fakta menarik yaitu 60% perekonomian indonesia sekarang adalah impor. Di zaman sekarang ini market dalam negeri adalah sesuatu yang besar. Maka kreatif lah kita sekarang untuk merambah pasar dalam negeri dengan menjadi entrepreneur.

Bisa mengatur waktu kerja adalah suatu kebahagiaan menjadi entrepeneur sehingga dengan waktu yang flexible kita bisa mencari inspirasi dan berinovasi.

Kunci untuk menjadi entrepreneur yang kreatif adalah:

  • Inovatif
  • Menjadi risk taker yang mengkalkulasikan resiko dan terencana
  • Visioner
  • Strong leadership
  • Problem solver
  • Agen perubahan

Dan untuk memulai menjadi Creative Entrepreneur yang harus dilakukan adalah:

Perbedaan Creative Entrepreneur dengan Entrepeneur biasa yang paling terlihat  adalah pengemasan produk atau jasa yang di tawarkan. Seorang creative entrepreneur bisa menjadikan pengemasan itu sebuah added value dari apa yang entrepeneur biasa tawarkan dan menjadikan itu sebagai sebuah cara pemasaran yang inovatif.

Advertisements